CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING IN WRITING IN THE JUNIOR HIGH SCHOOL

Antari, Putu Dian Juni (2022) CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING IN WRITING IN THE JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021054-COVER.pdf

Download (940kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021054-ABSTRAK.pdf

Download (539kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (686kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021054-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021054-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (537kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021054-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan langkah-langkah dan hasil menulis siswa melalui Content and Language Integrated Learning di Sekolah Menengah Pertama. Subyek penelitian adalah pembelajaran yang melibatkan guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah langkah-langkah menulis menggunakan CLIL di SMPN 4 Busungbiu, Buleleng dan hasil menulis deskriptif paragraf orang dan prosedur berdasarkan tujuh indikator penulisan menggunakan CLII. Desain penelitiannya adalah penelitian kelas yang menggambarkan apa yang sebenarnya terjadi di dalam kelas. Instrumen yang digunakan adalah observasi awal, observasi menggunakan langkah pendekatan saintifik, tahapan dan sintaksis, dan instrumen keluaran menggunakan tes tulis. Prosedur pengumpulan datanya adalah melalui studi awal berupa observasi untuk menemukan kesulitan dalam menulis dengan memilih hanya satu kelas (7B). Analisis data yang dilakukan adalah kualitatif yang menggambarkan langkah-langkah berdasarkan pendekatan saintifik, tahapan, dan sintaksis serta keluarannya secara tertulis. Menulis deskriptif paragraf orang dan prosedur menggunakan Content and Language Integrated Learning (CLIL) menunjukkan bahwa teknik CLIL dapat membantu siswa dalam menulis paragraf khususnya paragraf deskriptif orang dan prosedur berdasarkan tujuh indikator penulisan yaitu 1) Judul, 2) Kalimat Topik 3) Menyusun Kalimat Topik, 4) Menyusun Kalimat Pendukung, 5) Tata Bahasa, 6) Diksi, dan 7) Mekanik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Menulis, Content and Language Integrated Learning (CLIL), Sekolah Menengah Pertama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Putu Dian Juni Antari
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:52
Last Modified: 28 Jun 2022 07:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10814

Actions (login required)

View Item View Item