Sistadewi, Komang (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Open Ended Materi Pecahan Senilai Untuk Kelas IV Materi Pecahan Senilai Untuk Kelas IV Di SD No. 1 Mengwi. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031156-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031156-ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031156-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (291kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031156-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031156-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031156-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031156-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031156-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031156-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan partisipasi aktif siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan video pembelajaran matematika berbasis open ended materi pecahan senilai untuk kelas IV di SD No. 1 Mengwi. Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa kelas IV di SD No. 1 Mengwi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian pengembangan video pembelajaran menunjukkan bahwa (a) rancang bangun video pembelajaran berbasis open ended memuat penjelasan materi mengenai pecahan senilai, contoh soal dan latihan soal yang dikemas dalam bentuk link video, (b) Video pembelajaran matematika berbasis open ended dinyatakan layak berdasarkan hasil uji coba produk meliputi (1) hasil penilaian dari ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor 90% dengan kualifikasi sangat baik, (2) hasil penilaian dari ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 93,18% dengan kualifikasi sangat baik, (3) hasil penilaian dari ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 96,15% dengan kualifikasi sangat baik, (4) hasil penilaian dari siswa melalui uji perorangan memperoleh persentase skor 93,94% dengan kualifikasi sangat baik, (5) hasil penilaian dari siswa melalui uji kelompok kecil memperoleh persentase skor 90,42% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran matematika berbasis open ended layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Pembelajaran, Matematika, Open Ended |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Sistadewi |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 00:46 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 00:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10852 |
Actions (login required)
View Item |