Setiawan, I Kadek Dwi Indra (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KIDAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KOTA DENPASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811021001-COVER.pdf Download (300kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811021001-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (129kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811021001-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Belum adanya media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa kidal menjadi permasalahan utama dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan validitas e-modul berbasis android untuk siswa kidal kelas IV. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Hannafin and Peck. Subjek penelitian ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, tiga orang siswa kidal sebagai uji coba perorangan, dan enam orang siswa kidal sebagai uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Diperoleh hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 94%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 98%, uji ahli media pembelajaran 95%, uji coba perorangan sebesar 94,67%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 95,33% yang keseluruhan persentase skornya dikualifikasikan sangat baik. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan kenyamanan belajar siswa kidal serta memotivasi guru untuk memperhatikan keragaman karakteristik siswa sehingga tercipta pembelajaran yang ideal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, android, siswa kidal |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | I Kadek Dwi Indra Setiawan |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 01:57 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 01:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10903 |
Actions (login required)
View Item |