PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING MATERI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA PADA MUATAN IPA KELAS IV SD NO. 3 BUDUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sunari, Ni Made Dian (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING MATERI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA PADA MUATAN IPA KELAS IV SD NO. 3 BUDUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031304-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031304-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031304-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (667kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031304-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (961kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031304-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031304-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031304-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031304-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (495kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031304-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D yang bertujuan untuk 1) Merancang media pembelajaran yang diberi nama media PowerPoint berbasis model problem based learning materi organ pencernaan manusia pada muatan IPA kelas V, 2) Mengetahui bagaimana validitas media PowerPoint berbasis model problem based learning dari ahli isi mata pelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli desain pembelajaran, serta siswa kelas V berdasarkan hasil uji coba produk. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non tes dengan instrument yang digunakan berupa angket/kuesioner dengan skala likert 5. Berdasarkan hasil penilaian rancang bangun media PowerPoint sesuai dengan model pengembangan ADDIE. Adapun hasil uji validasi produk oleh ahli isi dengan persentase skor 93,75% yang berada pada kategori sangat baik. Validasi ahli media pebelajaran dengan persentase skor 93,33% dengan kategori sangat baik dan validasi ahli desain pembelajaran dengan persentase skor 92,5% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba perorangan dengan persentase skor 91,66% dengan kategori sangat baik, dan uji coba kelompok kecil dengan persentase skor 88,88% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba tersebut, maka media PowerPoint berbasis model problem based learning yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk materi organ pencernaan manusia pada muatan IPA kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PowerPoint, model problem based learning, organ pencernaan manusia, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Dian Sunari
Date Deposited: 06 Jul 2022 02:01
Last Modified: 06 Jul 2022 02:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10913

Actions (login required)

View Item View Item