PEMBINAAN MAJALAH ROMANSA DI SMA NEGERI 1 MELAYA

Surya Hadi, I Putu (2022) PEMBINAAN MAJALAH ROMANSA DI SMA NEGERI 1 MELAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812011003-COVER.pdf

Download (864kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812011003-ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (418kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812011003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
1812011003-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

PEMBINAAN MAJALAH ROMANSA DI SMA NEGERI 1 MELAYA Oleh I Putu Surya Hadi, NIM 1812011003 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan aktivitas pembinaan majalah Romansa di SMA N 1 Melaya. Penelitian ini menerapkan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yakni pembina ekstrakurikuler jurnalistik di SMA N 1 Melaya. Objek penelitian ini yakni aktivitas pembinaan majalah Romansa. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Tahapan analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, serta, simpulan. Hasil penelitian mengindikasikan pembinaan majalah Romansa di SMA N 1 Melaya mencakup tiga aktivitas pembinaan, yakni aktivitas guru pembina memberi informasi umum, pencarian data di lapangan, serta aktivitas guru pembina ketika melatih peserta didik memproduksi majalah sekaligus hambatan yang dialami guru pembina. Berdasarkan ketiga aktivitas terkait, tedapat empat jenis pembinaan, yakni pembinaan orientasi, kepribadian, kecakapan serta pembinaan lapangan. Dalam penelitian ini, model pembelajaran Cooperative Learning juga ditemukan dan diterapkan oleh guru pembina majalah Romansa. Pembinaan majalah Romansa di SMA N 1 Melaya tergolong maksimal. Penelitian ini direkomendasikan untuk sekolah- sekolah lainnya selaku referensi dalam membina produksi majalah sekolah. Kata Kunci: aktivitas, pembinaan, majalah sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, pembinaan, majalah sekolah
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: I Putu Surya Hadi
Date Deposited: 11 Jul 2022 07:41
Last Modified: 11 Jul 2022 07:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10924

Actions (login required)

View Item View Item