Surya Hadi, I Putu (2022) PEMBINAAN MAJALAH ROMANSA DI SMA NEGERI 1 MELAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812011003-COVER.pdf Download (864kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812011003-ABSTRAK.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (418kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812011003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
1812011003-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
PEMBINAAN MAJALAH ROMANSA DI SMA NEGERI 1 MELAYA Oleh I Putu Surya Hadi, NIM 1812011003 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan aktivitas pembinaan majalah Romansa di SMA N 1 Melaya. Penelitian ini menerapkan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yakni pembina ekstrakurikuler jurnalistik di SMA N 1 Melaya. Objek penelitian ini yakni aktivitas pembinaan majalah Romansa. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Tahapan analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, serta, simpulan. Hasil penelitian mengindikasikan pembinaan majalah Romansa di SMA N 1 Melaya mencakup tiga aktivitas pembinaan, yakni aktivitas guru pembina memberi informasi umum, pencarian data di lapangan, serta aktivitas guru pembina ketika melatih peserta didik memproduksi majalah sekaligus hambatan yang dialami guru pembina. Berdasarkan ketiga aktivitas terkait, tedapat empat jenis pembinaan, yakni pembinaan orientasi, kepribadian, kecakapan serta pembinaan lapangan. Dalam penelitian ini, model pembelajaran Cooperative Learning juga ditemukan dan diterapkan oleh guru pembina majalah Romansa. Pembinaan majalah Romansa di SMA N 1 Melaya tergolong maksimal. Penelitian ini direkomendasikan untuk sekolah- sekolah lainnya selaku referensi dalam membina produksi majalah sekolah. Kata Kunci: aktivitas, pembinaan, majalah sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas, pembinaan, majalah sekolah |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PQ Romance literatures |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | I Putu Surya Hadi |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 07:41 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 07:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10924 |
Actions (login required)
View Item |