Pratiwi, Iztiqa Mud’haz (2022) PENGEMBANGAN KONTEN DIGITAL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV DI MI TA’ARIFUL FUAD CELUKANBAWANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811021044-COVER.pdf Download (607kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811021044-ABSTRAK.pdf Download (93kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811021044-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun media konten digital dalam bentuk video pembelajaran, dan untuk mendeskripsikan validitas media konten digital dalam bentuk video pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA Kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) rancang bangun media konten digital dalam bentuk video pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA meliputi 5 tahapan pengembangan yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) Pengembangan media konten digital berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA dinyatakan valid melalui : (a) hasil Review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (96,00%), (b) hasil Review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94,54%), (c) hasil Review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93,84%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi baik (87,03%), dan (e) hasil uji coba kolompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (90,55%). Secara umum hasil penelitian menunjukan media konten digital berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu agar media konten digital ini dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta mempermudah dalam memahami materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konten digital, pendekatan saintifik, pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Iztiqa Mud'haz Pratiwi |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 03:45 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 03:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10937 |
Actions (login required)
View Item |