Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Bagi Kelas V SD Negeri 6 Ubung Denpasar

Yastikarini, Kadek Novilia (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Bagi Kelas V SD Negeri 6 Ubung Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031217_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031217_ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031217_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031217_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031217_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031217_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031217_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031217_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031217_LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Hal ini tentunya mengakibatkan siswa saat belajar merasa bosan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan kontekstual untuk pembelajaran IPA pada siswa kelas V. Rancang bangun penelitian pengembangan ini yakni media yang dikembangkan berupa aplikasi yang interaktif yang didalamnya terdapat beberpa media, pengembangan media ini emnggunakan model ADDIE (analyze, desain, development, implementation, dan evaluation). Subjek penelitian ini adalah 1 orang ahli mata pelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran, dan 12 siswa kelas V SD. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni wawancara, observasi, dan angket/kuisioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kusioner tertutup. Data yang didapatkan dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatf. Hasil kelayakan produk oleh ahli isi mata pelajaran memperoleh skor 100%, ahli desain pembelajaran memperoleh skor 92,50%, ahli media pembelajaran memperoleh skor 97,91%, hasil uji coba perorangan memperoleh skor 97,91%, dan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor 96,98%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif IPA berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA untuk siswa kelas V SD. Implikasi penelitian ini yaitu media pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan guru sebagai media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Kontekstual, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Novilia Yastikarini
Date Deposited: 11 Jul 2022 01:39
Last Modified: 11 Jul 2022 01:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10963

Actions (login required)

View Item View Item