Cahyani, Ni Putu Dita Sri (2022) Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Berbantuan Quizizz Materi Organ Pernapasan Manusia Muatan IPA Kelas V SD Negeri 3 Kerambitan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031224-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031224-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031224-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (118kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031224-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031224-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031224-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (861kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031224-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031224-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031224-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media pembelajaran, terlebih pada saat pembelajaran daring guru hanya menggunakan media group WhatsApp dan berpaku pada LKS sebagai media penunjang dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun media PowerPoint interaktif berbantuan Quizizz dan mengetahui kelayakan pengembangan media PowerPoint interaktif berbantuan Quizizz. Penelitian ini menggunakan jenis model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Jenis data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode angket. Hasil penelitian (1) rancang bangun media PowerPoint interaktif berbantuan Quizizz di rancang dengan menggunakan flowchart dan storyboard serta menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan pengembangan, yaitu: tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. (2) media PowerPoint interaktif berbantuan Quizizz dinyatakan layak berdasarkan: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (90%), (b) hasil review desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (90%), (c) hasil review media pembelajaran dengan kualifikasi (90%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (96,66%), (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (95%). Berdasarkan hasil analisis data uji rancang bangun, uji para ahli, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil dapat disimpulkan bahwa media PowerPoint interaktif berbantuan Quizizz menggunakan model ADDIE dengan tepat dan media PowerPoint interaktif berbantuan Quizizz layak digunakan pada proses pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 3 Kerambitan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PowerPoint Interaktif, Quizizz, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Dita Sri Cahyani |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 01:59 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 01:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10969 |
Actions (login required)
View Item |