PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS III DI SD NEGERI 040522 TAMBUNAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ginting, Dikki Aleksander (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS III DI SD NEGERI 040522 TAMBUNAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811021027-COVER.pdf

Download (300kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811021027-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021027-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021027-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811021027-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dikembangkan agar tercapainya tujuan untuk menjelaskan proses pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual dan untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual menurut ahli dan pengujian produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data survei dilakukan dengan metode pengumpulan dokumen dan metode survei. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif dan metode analisis deskriptif kualitatif. Temuan Hasil yang diperoleh (1) Proses pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual meliputi lima tahap pengembangan: tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. (2) Multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual divalidasi sebagai berikut: (a) Hasil review ahli isi pembelajaran berkualifikasi sangat baik (91,66%), (b) Hasil review ahli desain pembelajaran berkualifikasi sangat baik (93,84%), (c) Hasil penilaian ahli media pembelajaran juga sangat baik (92,72%), (d) kualifikasi hasil tes individua atau perorangan sangat baik (95,55%), dan (e) kualifikasi hasil belajar kelompok kecil sangat baik (95,83%). Secara umum, hasil menunjukkan bahwa multimedia interaktif berkualitas sangat tinggi bermanfaat dan sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran untuk memotivasi siswa belajar dan meningkatkan pemahaman konten pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kontekstual, Multimedia Interaktif, Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Dikki Aleksander Ginting
Date Deposited: 11 Jul 2022 09:05
Last Modified: 11 Jul 2022 09:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10978

Actions (login required)

View Item View Item