PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN IPS MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN KELAS IV SD NO. 2 TIBUBENENG BADUNG

Utari, Ni Putu Sintya Dewi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN IPS MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN KELAS IV SD NO. 2 TIBUBENENG BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031210-COVER.pdf

Download (869kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031210-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031210-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (319kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031210-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031210-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031210-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031210-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031210-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (484kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031210-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan media pembelajaran e-comic berbasis problem based learning pada muatan IPS materi jenis-jenis pekerjaan kelas IV SD No. 2 Tibubeneng Badung. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan kuesioner/angket. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini meliputi 1) Rancang bangun media pembelajaran e-comic berbasis problem based learning pada muatan IPS materi jenis-jenis pekerjaan dikemas dalam bentuk web yang dapat diakses menggunakan smartphone atau laptop dan didalamnya terdapat gambar-gambar kartun, dialog serta latihan soal. 2) Hasil uji kelayakan media pembelajaran e-comic yang diperoleh dari ahli isi pembelajaran menunjukkan tingkat persentase sebesar 92,30% dengan kualifikasi sangat baik, tingkat presentase kelayakan media pembelajaran e-comic dari ahli desain pembelajaran yaitu sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik, tingkat presentase kelayakan media pembelajaran e-comic dari ahli media pembelajaran yaitu sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik, dari uji coba perorangan yaitu sebesar 93,33% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil yaitu sebesar 94,33% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-comic berbasis problem based learning pada muatan IPS materi jenis-jenis pekerjaan layak untuk diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran siswa kelas IV SD No. 2 Tibubeneng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, E-Comic, Problem Based Learning, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Sintya Dewi Utari
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:04
Last Modified: 11 Jul 2022 03:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11000

Actions (login required)

View Item View Item