Utari, Ni Putu Sintya Dewi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN IPS MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN KELAS IV SD NO. 2 TIBUBENENG BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031210-COVER.pdf Download (869kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031210-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031210-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (319kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031210-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031210-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031210-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031210-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031210-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (484kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031210-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan media pembelajaran e-comic berbasis problem based learning pada muatan IPS materi jenis-jenis pekerjaan kelas IV SD No. 2 Tibubeneng Badung. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan kuesioner/angket. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini meliputi 1) Rancang bangun media pembelajaran e-comic berbasis problem based learning pada muatan IPS materi jenis-jenis pekerjaan dikemas dalam bentuk web yang dapat diakses menggunakan smartphone atau laptop dan didalamnya terdapat gambar-gambar kartun, dialog serta latihan soal. 2) Hasil uji kelayakan media pembelajaran e-comic yang diperoleh dari ahli isi pembelajaran menunjukkan tingkat persentase sebesar 92,30% dengan kualifikasi sangat baik, tingkat presentase kelayakan media pembelajaran e-comic dari ahli desain pembelajaran yaitu sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik, tingkat presentase kelayakan media pembelajaran e-comic dari ahli media pembelajaran yaitu sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik, dari uji coba perorangan yaitu sebesar 93,33% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil yaitu sebesar 94,33% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-comic berbasis problem based learning pada muatan IPS materi jenis-jenis pekerjaan layak untuk diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran siswa kelas IV SD No. 2 Tibubeneng.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, E-Comic, Problem Based Learning, IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Sintya Dewi Utari |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 03:04 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 03:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11000 |
Actions (login required)
View Item |