Laura, Sesilia Dwi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MUATAN IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SD NO. 2 TIBUBENENG BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031229-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031229-ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031229-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (379kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031229-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031229-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031229-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031229-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031229-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (387kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031229-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan melatar belakangi keterbatasan guru pada penggunaan media pembelajaran yang tepat pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan media video pembelajaran interaktif berbasis problem solving pada muatan IPS materi sumber daya alam kelas IV SD No. 2 Tibubeneng Badung. Model yang digunakan pada penelitian yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluations). Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu metode kuesioner/angket. Uji rancang produk dilakukan oleh beberapa ahli dan siswa. Uji rancangan produk meliputi (1) uji isi pembelajaran, (2) uji desain pembelajaran, (3) uji media pembelajaran, (4) uji coba perorangan, dan (5) uji coba kelompok kecil. Analisis yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil rancang bangun pengembangan media video pembelajaran interaktif berbasis problem solving pada muatan IPS materi sumber daya alam sesuai dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil uji coba produk menunjukan tingkat persentase kelayakan media video pembelajaran interaktif menurut ahli isi pembelajaran yaitu sebesar 92,30% dengan kualifikasi sangat baik. Persentase kelayakan media video pembelajaran interaktif menurut ahli desain pembelajaran yaitu sebesar 97,50% dengan kualifikasi sangat baik. Persentase kelayakan media video pembelajaran interaktif menurut ahli media pembelajaran yaitu sebesar 100% dengan kualifikasi sangat baik. Tingkat persentase kelayakan menurut uji coba perorangan yaitu sebesar 94,33% dengan kualifikasi sangat baik. Tingkat persentase kelayakan menurut uji coba kelompok kecil yaitu sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil review para ahli dan hasil uji coba produk, dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran interaktif berbasis problem solving pada muatan IPS materi sumber daya alam layak untuk diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran siswa kelas IV SD No. 2 Tibubeneng Badung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran Interaktif, Problem Solving, Muatan IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Sesilia Dwi Laura |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 03:06 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 03:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11001 |
Actions (login required)
View Item |