Idayanti, Ida Ayu Made Dwi (2022) Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik ) Interaktif Berbasis Scientific Approach Muatan IPS Materi Pengaruh Lingkungan Pada Mata Pencaharian Kelas IV Di SD Negeri 6 Ubung Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031162-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031162-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031162-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (151kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031162-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031162-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031162-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031162-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031162-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031162-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi yaitu pelaksanaan pembelajaran hanya berpatokan pada buku ajar yang didapatkan dari sekolah dan minimnya penggunaan LKPD dalam pembelajaran. Sehingga, hal ini berdampak terhadap rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan media LKPD interaktif IPS berbasis scientific approach materi pengaruh lingkungan pada mata pencaharian kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu analyze, design, development, and evaluation. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 orang ahli mata pelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran, dan 12 siswa kelas IV SD. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan kuisioner/angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kusioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis statistik kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil validasi produk oleh ahli isi materi pembelajaran memperoleh persentase 95,8%, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 93,7%, ahli media pembelajaran memperoleh persentase 87,5%, hasil uji perorangan memperoleh persentase 97,6%, dan hasil uji kelompok kecil memperoleh persentase 98,5%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media LKPD interaktif IPS berbasis scientific approach secara keseluruhan mendapatkan kualifikasi sangat baik dan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Implikasi dari penelitian ini yaitu LKPD interaktif berbasis scientific approach muatan IPS dapat digunakan sebagai tambahan bahan ajar dalam pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, LKPD, Scientific Approach, IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Made Dwi Idayanti |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 01:05 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 01:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11003 |
Actions (login required)
View Item |