Savitri, Kadek Puspa Budhi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS MODEL PBL MATERI POKOK PIKIRAN DALAM TEKS PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 1 PANDAK GEDE TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031063-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031063-ABSTRAK.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (458kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (815kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031063-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (933kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031063-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031063-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (426kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031063-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian berlatar belakang pada kesulitan guru dalam kurangnya media pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran khususnya pada muatan Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran video animasi berbasis model PBL (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi berbasis model PBL. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji rancang produk dilakukan oleh ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, tiga orang siswa dalam uji coba perorangan dan sembilan orang siswa dalam uji coba kelompok kecil. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tingkat kelayakan keseluruhan berkategori sangat baik dengan persentase ahli isi mata pelajaran sebesar 90%, ahli desain pembelajaran sebesar 92,5% , ahli media pembelajaran sebesar 92,5%, uji coba perorangan sebesar 94% dan uji coba kelompok kecil sebesar 95%. Hasil akhir penelitian dapat menunjukan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis model PBL materi pokok pikiran dalam teks pada muatan Bahasa Indonesia layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran kelas V SD Negeri 1 Pandak Gede Tabanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video animasi, PBL, pokok pikiran dalam teks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Puspa Budhi Savitri |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 03:12 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 03:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11008 |
Actions (login required)
View Item |