IMPLEMENTING WRITING THROUGH A TASK-BASED LEARNING IN THE JUNIOR HIGH SCHOOL

Rapini, Ni Komang (2022) IMPLEMENTING WRITING THROUGH A TASK-BASED LEARNING IN THE JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021021-COVER.pdf

Download (827kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021021-ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
1812021021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (231kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1812021021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1812021021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1812021021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021021-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

MENERAPKAN MENULIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS TUGAS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA By Ni Komang Rapini 1812021021 ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan proses dan penilaian kemampuan menulis yang dilaksanakan melalui pembelajaran menulis berbasis tugas di Sekolah Menengah Pertama. Desain yang digunakan adalah desain penelitian kelas. Data dianalisis secara deskriptif dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif. Subyek penelitian meliputi guru bahasa Inggris dan siswa. Objek penelitian yang diteliti: 1) tahapan pelaksanaan pembelajaran berbasis tugas 2) kemampuan menulis siswa yang dilaksanakan melalui pembelajaran berbasis tugas di Sekolah Menengah Negeri 4 Sawan. Data dikumpulkan dengan menggunakan sintaks pembelajaran (skenario) dan tes kemampuan menulis. Hasil penelitian ini adalah: output kemampuan menulis siswa melalui tes menulis melalui penerapan pembelajaran berbasis tugas berdasarkan tujuh indikator menulis yaitu judul, kalimat topik, mengembangkan kalimat topik, menyusun kalimat pendukung, tata bahasa, diksi, dan mekanik ditunjukkan secara deskriptif. paragraf person adalah Mean = 87,94 dan Standar Deviasi = 7,15. Sedangkan rerata kemampuan deskriptif paragraf prosedur berturut-turut adalah: Rerata = 93,51 dan Standar Deviasi = 6,95. Penerapan TBL dalam menulis paragraf deskriptif orang dan prosedur menunjukkan bahwa teknik TBL sudah membantu siswa untuk meningkatkan tulisan mereka terutama dalam paragraf deskriptif orang dan prosedur berdasarkan tujuh indikator penulisan yaitu judul, kalimat topik, mengembangkan kalimat topik, menyusun kalimat pendukung. , tata bahasa, diksi, dan mekanik. Kata kunci: menulis, pembelajaran berbasis tugas, sekolah menegah pertama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: menulis, pembelajaran berbasis tugas, sekolah menegah pertama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Komang Rapini
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:11
Last Modified: 13 Jul 2022 01:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11014

Actions (login required)

View Item View Item