Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Muatan IPS Kelas V Sekolah Dasar

Setiani, Gusti Ayu Komang (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Muatan IPS Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031163-COVER.pdf

Download (563kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031163-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031163-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (350kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031163-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031163-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031163-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031163-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031163-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031163-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran melalui proses pengembangan berupa media permainan ular tangga IPS pada tema 8 Lingkungan Sahabat Kita untuk siswa SD kelas V. Pengembangan media permainan ular tangga berpedoman pada prosedur pengembangan model ADDIE dengan tahap analisis (Analyze), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation). Tahap evaluasi (Evaluation) tidak dilakukan karena keterbatasan waktu penelitian dan situasi pembelajaran semasa Covid-19. Subjek penelitian pengembangan ini adalah media permainan ular tangga IPS, sedangkan objek pada penelitian ini adalah validitas media permainan ular tangga yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah metode analisis statistik kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh dihitung dengan menggunakan rumus mean untuk menentukan rata-rata skor validitas media. Skor validitas media permainan ular tangga IPS memperoleh kriteria sangat valid dilihat dari segi ahli materi sebesar 4,55, dari segi ahli media sebesar 4,73, dan dari segi respon pendidik (praktisi) sebesar 4,97. Selain itu dilakukan perhitungan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan media yang dikembangkan. Rata-rata skor kelayakan media dari segi ahli materi sebesar 93%, dari segi ahli media sebesar 96%, dan dari segi respon pendidik sebesar 99%. Sedangkan hasil uji kepraktisan berdasarkan uji respon siswa mendapati rata-rata skor sebesar 92,2% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan analisis yang dilakukan bahwa media permainan ular tangga IPS untuk siswa SD kelas V tema 8 Lingkungan Sahabat Kita yang dikembangkan sangat valid, layak, dan praktis diterapkan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, permainan ular tangga, IPS, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Gusti Ayu Komang Setiani
Date Deposited: 12 Jul 2022 02:43
Last Modified: 12 Jul 2022 02:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11058

Actions (login required)

View Item View Item