Setiani, Gusti Ayu Komang (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Muatan IPS Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031163-COVER.pdf Download (563kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031163-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031163-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (350kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031163-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031163-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031163-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031163-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031163-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031163-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran melalui proses pengembangan berupa media permainan ular tangga IPS pada tema 8 Lingkungan Sahabat Kita untuk siswa SD kelas V. Pengembangan media permainan ular tangga berpedoman pada prosedur pengembangan model ADDIE dengan tahap analisis (Analyze), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation). Tahap evaluasi (Evaluation) tidak dilakukan karena keterbatasan waktu penelitian dan situasi pembelajaran semasa Covid-19. Subjek penelitian pengembangan ini adalah media permainan ular tangga IPS, sedangkan objek pada penelitian ini adalah validitas media permainan ular tangga yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah metode analisis statistik kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh dihitung dengan menggunakan rumus mean untuk menentukan rata-rata skor validitas media. Skor validitas media permainan ular tangga IPS memperoleh kriteria sangat valid dilihat dari segi ahli materi sebesar 4,55, dari segi ahli media sebesar 4,73, dan dari segi respon pendidik (praktisi) sebesar 4,97. Selain itu dilakukan perhitungan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan media yang dikembangkan. Rata-rata skor kelayakan media dari segi ahli materi sebesar 93%, dari segi ahli media sebesar 96%, dan dari segi respon pendidik sebesar 99%. Sedangkan hasil uji kepraktisan berdasarkan uji respon siswa mendapati rata-rata skor sebesar 92,2% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan analisis yang dilakukan bahwa media permainan ular tangga IPS untuk siswa SD kelas V tema 8 Lingkungan Sahabat Kita yang dikembangkan sangat valid, layak, dan praktis diterapkan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, permainan ular tangga, IPS, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Komang Setiani |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 02:43 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 02:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11058 |
Actions (login required)
View Item |