Nabela, Ni Wayan (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK FLIP BOOK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TEMA 7 KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 4 SUKAWANA TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031281-COVER.pdf Download (312kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031281-ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031281-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (212kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031281-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031281-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031281-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031281-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031281-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031281-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses perkembangan E-LKPD Flip Book Berbasis Pendekatan Saintifik Tema 7 kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Sukawana, (2) mengetahui hasil validitas E-LKPD Flip Book Berbasis Pendekatan Saintifik Tema 7 kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Sukawana,, dan (3) mengetahui efektivita E-LKPD Flip Book Berbasis Pendekatan Saintifik Tema 7 kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Sukawana. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, angket/kuisioner, rating scale dan tes yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, statistik deskriptif serta statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa (1) bahan ajar E-LKPD flip book berbasis pendikatan saintifik yang dikemas dalam bentuk untuk mengingkatkan hasil belajar siswa pada muatan teatik tema 7 khususnya pembelajaran IPA kelas IV sekolah dasar. (2) Tingkat validasi ahli isi materi bahan ajar E-LKPD berbasis pendektan saintifik mendapatkan hasil 1,0 sehingga dinyatakan validasi isi materi sangat tinggi, validasi ahli desain bahan ajar E-LKPD berbasis pendektan saintifik mendapatkan hasil 0,91 sehingga dinyatakan sangat tinggi, validasi ahli media bahan ajar E-LKPD berbasis pendektan saintifik mendapatkan hasil 0,91 sehingga dinyatakan sangat tinggi uji coba perorangan oleh siswa sebesar 98,6 %, uji coba kelompok kecil sebesar 97,5 %, dan uji coba lapangan sebesar 96,8 % yang keseluruhan persentase skornya dengan kriteria sangat baik. (3) Berdasarkan hasil uji efektivitas bahan ajar E-LKPD mendapatkan rata-rata nilai hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Rata-rata nilai sebelum diberikan perlakuan yaitu 40,1 sedangkan rata-rata nilai 82,5 setelah diberikan perlakuan dan mendapatkan nilai signifikansi 2 arah (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,005 jadi, H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan siswa kelas IV SD Negeri 4 Sukawana setelah belajar menggunakan bahan ajar E-LKPD berbasis pendekatan saintifik. Berdasarka hasil validitas, respon pengguna dan efektivitas bahan ajar E-LKPD sudah layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, Flip Book, Pendekatan Saintifik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Nabela |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 02:41 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 02:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11079 |
Actions (login required)
View Item |