Aprilianingsih, Ni Komang Ary Sri (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERORIENTASI NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA MUATAN IPA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031006-COVER.pdf Download (440kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031006-ABSTRAK.pdf Download (81kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (119kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031006-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ialah jenis pengembangan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui rancang bangun, mencari hasil validitas, mengetahui respon praktisi dan mengetahui respon siswa terhadap media video pembelajaran berorientasi nilai karakter peduli lingkungan pada muatan IPA materi siklus air kelas V Sekolah Dasar. Pada penelitian ini digunakan model dari pengembangan ADDIE dan memiliki lima tahapan ialah (1) Analyze, (2) Design , (3) Development, (4) Implementation dan (5) Evaluation, penelitian dilakukan sampai tahap Development. Media video pembelajaran berorientasi nilai karakter peduli lingkungan pada muatan IPA materi siklus air kelas V Sekolah Dasar sebagai subjek uji coba, sedangkan validitas dari ahli, respon dari praktisi serta respon dari siswa sebagai objek uji coba. Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode yang ialah observasi ke lapangan, wawancara dan kuesioner. Penilaian validitas ahli, respon praktisi dan respon siswa menggunakan instrumen rating scale. Berdasarkan analisis data, rata-rata skor melalui ahli dari isi mata pelajaran 3,84, hasil rata-rata skor dari ahli media pembelajaran 3,83, hasil rata-rata skor dari pakar desain pembelajaran 3,86, hasil rata-rata skor respon praktisi skor 3,60, rata-rata skor dari respon dari siswa 3,76. Hasil validasi berada pada rentangan × ≥ 3 dengan kategori sangat baik. Dari hasil tersebut, maka media yang dikembangkan dinyatakan valid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media video pembelajaran, karakter peduli lingkungan, siklus air |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ary Sri Aprilianingsih |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 03:43 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 03:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11089 |
Actions (login required)
View Item |