PENGEMBANGAN PERANGKAT LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA SMP

Widnyani, I Dewa Ayu Made (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811011052-COVER.pdf

Download (206kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811011052-ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PEMBAHASAN)
1811011052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011052-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011052-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811011052-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji keberterimaan dan efektivitas perangkat layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan disiplin siswa SMP. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penelitian ini melibatkan 3 orang ahli dan 2 orang praktisi dibidang bimbingan konseling yang bertugas untuk menguji keberterimaan perangkat layanan bimbingan klasikal. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner yang dianalisis dengan formula Content Validity Ratio (CVR), Content Validity Indeks (CVI), dan t-independen. Hasil analisis CVR menunjukan seluruh pernyataan item kuesioner diterima dan memperoleh nilai CVI sebesar 1 dengan katagori sangat baik, dengan demikian perangkat layanan bimbingan klasikal telah memenuhi ketentuan keberterimaan. Uji efektivitas perangkat layanan bimbingan klasikal dilaksanakan kepada 32 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukasada dengan menggunakan desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil uji t menunjukan nilai signifikan 0,000, yang berarti penggunaan perangkat layanan bimbingan klasikal ini efektif untuk meningkatkan disiplin siswa SMP. Kata Kunci : Disiplin, Layanan Bimbingan Klasikal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Layanan Bimbingan Klasikal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: I Dewa Ayu Made Widnyani
Date Deposited: 14 Jul 2022 01:22
Last Modified: 14 Jul 2022 01:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11113

Actions (login required)

View Item View Item