Kusuma, I Dewa Putu Satria Jaya (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Pada Materi Pecahan Muatan Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tulangampiang. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031241-COVER.pdf Download (661kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031241-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031241-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031241-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031241-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031241-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031241-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR RUJUKAN)
1811031241-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (170kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031241-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun LKPD berbasis Problem Solving pada materi pecahan muatan matematika pada siswa kelas V SD Negeri Tulangampiang dan mengetahui kelayakan LKPD berbasis Problem Solving pada materi pecahan muatan Matematika siswa kelas V SD Negeri Tulangampiang. Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 12 siswa kelas V SD Negeri Tulangampiang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE karena langkah-langkahnya disusun secara terstruktur dengan langkah-langkah kegiatan yang sistematis. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah LKPD, meliputi hasil: (a) rancang bangun LKPD berbasis Problem Solving terdiri dari cover, Kopetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, uraian materi pecahan, langkah- langkah penyelesaian dan latihan soal. Rancang bangun LKPD ini berbantuan Microsoft Word. mendapatkan penilaian dari ahli memperoleh persentase sebesar 100,00% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil uji coba produk meliputi: (1) hasil penilaian ahli materi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 93,75%, dengan kualifikasi sangat baik; (2) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90,00% dengan kualifikasi sangat baik; (3) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 93,00%, dengan kualifikasi sangat baik; dan (4) hasil penilaian siswa melalui uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 90,00%, dengan kualifikasi sangat baik. (5) hasil penilaian siswa melalui uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 91,88% dengan kualifikasi sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Solving pada muatan materi pecahan layak digunakan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Solving, Pecahan, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Dewa Putu Satria Jaya Kusuma |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 01:59 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 01:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11161 |
Actions (login required)
View Item |