PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERORIENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 1 DENBANTAS TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Wulandari, I Gusti Agung Ayu Putu (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERORIENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 1 DENBANTAS TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811021030-COVER.pdf

Download (543kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811021030-ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811021030-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap pengembangan multimedia interaktif dengan berorientasi model cooperative learning dan mengetahui tingkat efektivitas dari media yang dikembangkan pada mata pelajaran IPS untuk siswa kelas V di SD Negeri 1 Denbantas. Jenis penilitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pembelajaran yang digunakan adalah Cooperative Learning serta model pengembangan yaitu Hannafin and Peck yang terdiri dari tiga tahap pengembangan: tahap analisis, tahap desain, pengembangan dan implementasi. Subjek dalam penelitian ini melibatkan siswa – siswi kelas V di SD Negeri 1 Denbantas. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dan informasi yaitu kuisioner dan tes. Validasi dari multimedia interaktif dilaksanakan oleh 3 ahli yaitu: 1). Ahli Media, 2). Ahli Desain, 3). Ahli Isi Materi, selanjutnya dilaksanakan uji coba produk yang meliputi uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil validasi dari tiga ahli yaitu: 1). ahli media berada pada kategori sangat baik dengan persentase. 96%, 2). Ahli desain berada pada kategori baik dengan persentase 82,5%, 3). Ahli isi materi berada pada kategori sangat baik dengan persentase 91,42%, dan hasil dari subjek uji coba perorangan berada pada kategori sangat baik dengan persentase 92,6%, uji coba kelompok kecil berada pada kategori baik dengan persentase 85,5% setelah dilakukannya validasi oleh beberapa ahli dan sudah di uji coba dengan siswa – siswi kelas V di SD Negeri 1 Denbantas maka produk multimedia interaktif dinyatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hannafin and peck, cooperative learning, multimedia interaktif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: I Gusti Agung Ayu Putu Wulandari
Date Deposited: 14 Jul 2022 01:37
Last Modified: 14 Jul 2022 01:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11202

Actions (login required)

View Item View Item