PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING DAN PhET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA TEMA 9 SUBTEMA 1 KELAS IV SEKOLAH DASAR

S, I Putu Dodi Mudhiartika (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING DAN PhET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA TEMA 9 SUBTEMA 1 KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031266-COVER.pdf

Download (475kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031266-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031266-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (62kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031266-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031266-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031266-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031266-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031266-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031266-LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berorientasi PBL dan PhET Simulation untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD yang teruji validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE, yang memiliki tahapan penelitan berupa 1) analyze (analisis) 2) design (perancangan) 3) development (pengembanagan) 4) implementation (implementasi) 5) evaluation (evaluasi). Subjek pada penelitian pengembangan ini adalah e-modul berorientasi PBL dan PhET simulation. Sedangkan objek pada penelitian ini yaitu validitas isi, kepraktisan dan keefektifan produk. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Gumbrih, sedangkan objek uji coba pada penelitian ini adalah minat belajar siswa. Instrumen yang digunakan mengukur validitas bahan ajar adalah rating scale yang telah teruji oleh judges. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Setelah dilakukan analisis dan perhitungan. Setelah dilakukan analisis dan perhitungan, validitas isi e-modul berorientasi problem based learning dan PhET simulation memperoleh skor sebesar 0,9 sehingga dikategorikan sangat valid. Kepraktisan e-modul berorientasi problem based learning dan PhET simulation ditinjau berdasarkan respon guru/praktisi mendapat hasil sebesar 4,83 sehingga dikategorikan sangat praktis. Kepraktisan e-modul berorientasi problem based learning dan PhET simulation ditinjau berdasarkan respon siswa mendapat hasil sebesar 4,93 sehingga dikategorikan sangat praktis. Efektivitas e-modul mendapat hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 dengan kesimpulan e-modul berorientasi PBL dan PhET Simulation efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Problem Based Learning, PhET Simulation, Minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Putu Dodi Mudhiartika S
Date Deposited: 14 Jul 2022 01:43
Last Modified: 14 Jul 2022 01:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11212

Actions (login required)

View Item View Item