Pengembangan Media Fun Thinkers Dilengkapi Kajian Literatur Pada Materi Perubahan Energi Kelas IV Sekolah Dasar

Sudhyatmika, I Komang Wahya (2022) Pengembangan Media Fun Thinkers Dilengkapi Kajian Literatur Pada Materi Perubahan Energi Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031243-COVER.pdf

Download (536kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031243-ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031243-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031243-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031243-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031243-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031243-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031243-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031243-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis validitas media Fun Thinkers dilengkapi kajian literatur pada materi perubahan energi kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Subjek penelitian ini adalah media Fun Thinkers dilengkapi kajian literatur pada materi perubahan energi kelas IV sekolah dasar. Objek penelitian ini adalah validitas media Fun Thinkers dilengkapi kajian literatur pada materi perubahan energi kelas IV sekolah dasar yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode pemberian kuesioner dengan jenis instrumen non-tes berupa kuesioner (angket). Pengujian produk dilakukan oleh ahli materi, dosen yang menilai media, dan didukung dengan penilaian produk yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk mengetahui respon terhadap produk yang dikembangkan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis validitas media fun thinkers pada materi perubahan energi dari ahli materi berada pada rentang 0,75-1,00 dan ahli media pembelajaran berada pada rentangan 0,75-1,00. Persentase hasil uji respon praktisi secara keseluruhan memperoleh nilai 99% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan persentase hasil uji respon siswa secara keseluruhan memperoleh nilai 97% dengan kualifikasi sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, media fun thinkers dilengkapi kajian literatur untuk siswa SD kelas IV pada materi perubahan energi memiliki kualifikasi validitas tinggi dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Fun Thinkers, Perubahan Energi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Komang Wahya Sudhyatmika
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:12
Last Modified: 15 Jul 2022 02:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11249

Actions (login required)

View Item View Item