Pengembangan E-Modul Topik Sifat Benda dan Perubahan Wujud Benda Kelas V Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Buleleng

Parmini, Gusti Ayu Nyoman (2022) Pengembangan E-Modul Topik Sifat Benda dan Perubahan Wujud Benda Kelas V Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Buleleng. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031166-COVER.pdf

Download (997kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031166-ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031166-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (78kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1811031166-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 MATODELOGI PENELITIAN)
1811031166-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031166-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031166-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031166-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031166-LAMPIRAN.pdf

Download (29MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun atau prototype, dan menghasilkan produk e-modul topik sifat benda dan perubahan wujud benda kelas V sekolah dasar gugus II Kecamatan Buleleng yang telah diuji validitasnya dan kepraktisannya. Penelitian pengembagan ini menggunakan model penelitian ADDIE meliputi (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), dan (5) Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini meliputi 5 dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan terdiri dari 2 dosen ahli materi, dan 3 dosen ahli media, serta 6 guru SD gugus II Kecamatan Buleleng. Objek penelitian ini berupa e-modul topik sifat benda dan perubahan wujud benda kelas V sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian berupa instrumen rating scale skala empat yang diberikan kepada subjek uji coba. Data penilaian e-modul kemudian dianalisis dengan menggunakan perhitungan CVR dan mean untuk mengetahui skor dari uji validitas internal dan uji kepraktisan pada guru. Hasil penelitian menunjukan produk yang dihasilkan berupa e-modul topik sifat benda dan perubahan wujud benda. E-modul dinyatakan valid setelah mendapatkan nilai validitas internal sebesar 1,7 dengan kualifikasi sangat baik. Serta diperoleh hasil rata-rata skor uji kepraktisan pada guru sebesar 3,91 dengan kualifikasi sangat baik dan dinyatakan praktis. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka e-modul topik sifat benda dan perubahan wujud benda kelas V sekolah dasar layak untuk digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, e-modul, sifat benda dan perubahan wujud benda
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Gusti Ayu Nyoman Parmini
Date Deposited: 17 Jul 2022 07:20
Last Modified: 17 Jul 2022 07:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11267

Actions (login required)

View Item View Item