Parmini, Gusti Ayu Nyoman (2022) Pengembangan E-Modul Topik Sifat Benda dan Perubahan Wujud Benda Kelas V Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Buleleng. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031166-COVER.pdf Download (997kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031166-ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031166-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (78kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1811031166-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 MATODELOGI PENELITIAN)
1811031166-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031166-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031166-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031166-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031166-LAMPIRAN.pdf Download (29MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun atau prototype, dan menghasilkan produk e-modul topik sifat benda dan perubahan wujud benda kelas V sekolah dasar gugus II Kecamatan Buleleng yang telah diuji validitasnya dan kepraktisannya. Penelitian pengembagan ini menggunakan model penelitian ADDIE meliputi (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), dan (5) Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini meliputi 5 dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan terdiri dari 2 dosen ahli materi, dan 3 dosen ahli media, serta 6 guru SD gugus II Kecamatan Buleleng. Objek penelitian ini berupa e-modul topik sifat benda dan perubahan wujud benda kelas V sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian berupa instrumen rating scale skala empat yang diberikan kepada subjek uji coba. Data penilaian e-modul kemudian dianalisis dengan menggunakan perhitungan CVR dan mean untuk mengetahui skor dari uji validitas internal dan uji kepraktisan pada guru. Hasil penelitian menunjukan produk yang dihasilkan berupa e-modul topik sifat benda dan perubahan wujud benda. E-modul dinyatakan valid setelah mendapatkan nilai validitas internal sebesar 1,7 dengan kualifikasi sangat baik. Serta diperoleh hasil rata-rata skor uji kepraktisan pada guru sebesar 3,91 dengan kualifikasi sangat baik dan dinyatakan praktis. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka e-modul topik sifat benda dan perubahan wujud benda kelas V sekolah dasar layak untuk digunakan dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, e-modul, sifat benda dan perubahan wujud benda |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Nyoman Parmini |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 07:20 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 07:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11267 |
Actions (login required)
View Item |