Penerapan Problem Based Learning Berorientasi Kearifan Lokal dengan Seting Daring untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 5 Singaraja

Ernawati, Pande Putu (2022) Penerapan Problem Based Learning Berorientasi Kearifan Lokal dengan Seting Daring untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 5 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513011101-COVER.pdf

Download (687kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513011101-ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011101-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (365kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011101-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011101-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011101-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011101-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011101-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513011101-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah sangat diperlukan untuk menunjang suatu pendidikan maupun kehidupan sehari-hari. Karena dengan kemampuan masalah yang dimiliki dapat memecahkan suatu permasalahan, namun faktanya kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Maka penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan pembelajaran problem based learning berorientasi kearifan lokal dengan setting daring di kelas VIII F SMP Negeri 5 Singaraja Tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 34 siswa. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas. Instrumen yang dipergunakan berupa tes prestasi belajar matematika siswa berbentuk tes uraian dan non tes berupa angket tanggapan siswa untuk mengidentifikasi respon siswa. Rata-rata skor prestasi belajar matematika di siklus I sebesar 52,8 dengan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 20,6%, lalu di siklus II rata-rata skor prsetasi belajar matematika meningkat menjadi 68,04 dengan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 44,1%, dan pada siklus III rata-rata skor prestasi belajar matematika meningkat menjadi 75,82 dengan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 82,4%. Dari pelaksanaan dengan 3 siklus diperoleh hasil dimana model pembelajaran berorientasi kearifan lokal melalui sistem dalam jaringan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan tanggapan positf selama proses penerapan model ini. Kata kunci : Pembelajaran problem based learning, Sistem dalam jaringan, Prestasi belajar matematika siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran problem based learning, Sistem dalam jaringan, Prestasi belajar matematika siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Pande Putu Ernawati
Date Deposited: 14 Jul 2022 02:11
Last Modified: 14 Jul 2022 02:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11268

Actions (login required)

View Item View Item