Ernawati, Pande Putu (2022) Penerapan Problem Based Learning Berorientasi Kearifan Lokal dengan Seting Daring untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 5 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513011101-COVER.pdf Download (687kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513011101-ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011101-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (365kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011101-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011101-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011101-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011101-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011101-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513011101-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah sangat diperlukan untuk menunjang suatu pendidikan maupun kehidupan sehari-hari. Karena dengan kemampuan masalah yang dimiliki dapat memecahkan suatu permasalahan, namun faktanya kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Maka penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan pembelajaran problem based learning berorientasi kearifan lokal dengan setting daring di kelas VIII F SMP Negeri 5 Singaraja Tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 34 siswa. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas. Instrumen yang dipergunakan berupa tes prestasi belajar matematika siswa berbentuk tes uraian dan non tes berupa angket tanggapan siswa untuk mengidentifikasi respon siswa. Rata-rata skor prestasi belajar matematika di siklus I sebesar 52,8 dengan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 20,6%, lalu di siklus II rata-rata skor prsetasi belajar matematika meningkat menjadi 68,04 dengan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 44,1%, dan pada siklus III rata-rata skor prestasi belajar matematika meningkat menjadi 75,82 dengan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 82,4%. Dari pelaksanaan dengan 3 siklus diperoleh hasil dimana model pembelajaran berorientasi kearifan lokal melalui sistem dalam jaringan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan tanggapan positf selama proses penerapan model ini. Kata kunci : Pembelajaran problem based learning, Sistem dalam jaringan, Prestasi belajar matematika siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran problem based learning, Sistem dalam jaringan, Prestasi belajar matematika siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Pande Putu Ernawati |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 02:11 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 02:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11268 |
Actions (login required)
View Item |