Huliana, Risa (2022) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Bersosialisasi Anak Kelompok B pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Kartika VII-3 Singaraja Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711061046-Cover.pdf Download (415kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711061046-Abstrak.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711061046-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (130kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711061046-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1711061046-Bab 3 Metodologi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711061046-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711061046-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711061046-Daftar Pustaka.pdf Download (132kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711061046-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI ANAK KELOMPOK B PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK KARTIKA VII-3 SINGARAJA Oleh Risa Huliana, NIM 1711061046 Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kemampuan bersosialisasi anak kelompok B pada masa pandemi COVID-19 di TK Kartika VII-3 Singaraja yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (research and development) yang dilaksanakan menggunakan model RDR yang meliputi 1. Research (studi pendahuluan), 2. Development (pengembangan), 3. Research (uji efektivitas produk). Subjek penelitian ini adalah instrumen penilaian kemampuan bersosialisasi anak kelompok B pada masa pandemi COVID-19 di TK Kartika VII-3 Singaraja dengan jumlah pernyataan 12 butir. Instrumen kemampuan bersosialisasi anak kelompok B pada masa pandemi COVID-19 di TK Kartika VII-3 Singaraja telah diuji oleh dua orang ahli untuk mengukur validitas reliabilitas instrumen. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) pernyataan yang valid sebanyak 12 butir dengan perhitungan validitas instrumen kemampuan bersosialisasi anak sebesar 1,00 dengan kriteria validitas sangat tinggi, dan (2) uji validitas butir dihasilkan 12 butir valid, (3) uji reliabilitas instrumen diperoleh 0,74 termasuk kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan tersebut teruji validitas dan reliabilitasnya. Sehingga dapat digunakan sebagai alat mengembangkan instrumen kemampuan bersosialisasi anak kelompok B pada masa pandemi COVID-19 di TK Kartika VII-3 Singaraja. Kata Kunci: bersosialisasi, covid-19, RDR
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bersosialisasi, covid-19, RDR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Risa Huliana |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 03:40 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 03:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11291 |
Actions (login required)
View Item |