PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERKEARIFAN LOKAL BERBASIS ANDROID PADA TOPIK SUMBER ENERGI PANAS KELAS V SEKOLAH DASAR

Rahmawati, Ni Made Dina (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERKEARIFAN LOKAL BERBASIS ANDROID PADA TOPIK SUMBER ENERGI PANAS KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031137-COVER.pdf

Download (313kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031137-ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031137_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031137-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031137-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031137-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031137-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031137-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031137-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Dengan adanya pandemi COVID-19, kegiatan belajar kini tersedia secara online. Kegiatan pembelajaran online belum terlaksana secara optimal karena kurangnya materi guru dan keterampilan kecakapan digital. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk membuat bahan ajar digital yang efektif dan praktis berbasis kearifan lokal berbasis android pada topik sumber energi panas di kelas V sekolah dasar. Model pengembangan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas dan kepraktisan bahan ajar digital. Data yang dikumpul berikutnya dianalisa secara deskriptif dan kuantitatif. Validitas bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android dari ahli materi memperoleh persentase 96,5% dan dari ahli media memperoleh 96,5% dengan kategori sangat baik. Hasil kepraktisan bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android berdasarkan penilaian guru memperoleh 99,4% dan persentase uji kepraktisan siswa 98,7%. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android pada topik sumber energi panas kelas V sekolah dasar dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar digital, validitas, kepraktisan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Dina Rahmawati
Date Deposited: 14 Jul 2022 05:51
Last Modified: 14 Jul 2022 05:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11302

Actions (login required)

View Item View Item