Utama, I Komang Pradika (2022) Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Topik Sifat-sifat Cahaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031184-COVER.pdf Download (614kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031184-ABSTRAK.pdf Download (107kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031184-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031184-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031184-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031184-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031184-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031184-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031184-LAMPIRAN.pdf Download (22MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis powtoon pada topik sifat-sifat cahaya siswa kelas IV sekolah dasar dari segi validitas dan kepraktisan. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, adapun tahapannya terdiri dari 1) analyze, 2) design, 3) development, 4) implementation, dan 5) evaluation. Subjek dalam penilaian ini adalah video pembelajaran berbasis powtoon, sedangkan objek penelitian adalah validitas dan kepraktisan video pembelajaran berbasis powtoon yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, obeservasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan mengukur validitas dan kepraktisan pada media menggunakan rating scale yang telah diuji oleh judges dan dinilai oleh 4 dosen ahli, wali kelas IV dan 15 orang siswa kelas IV. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor. Hasil dari penilaian ini memperoleh hasil bahwa rata-rata skor validitas video pembelajaran berbasis powtoon dari ahli materi pembelajaran adalah 4,6, dari ahli media pembelajaran adalah 4,6 dan dari ahli desain pembelajaran adalah 4,6 dengan kualifikasi sangat valid. Persentase kepraktisan keseluruhan subjek mendapatkan persentase 98%. Hasil nilai kepraktisan yang diperoleh melalui analisis bobot didapatkan hasil 70,8 melalui analisis nilai dari perhitungan respon siswa didapatkan nilai kepraktisan yaitu 94%. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis powtoon yang dikembangkan pada topik sifat-sifat cahaya dinyatakan valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media video pembelajaran, powtoon, sifat-sifat cahaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Komang Pradika Utama |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 02:26 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 02:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11320 |
Actions (login required)
View Item |