Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Topik Sifat-sifat Cahaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Utama, I Komang Pradika (2022) Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Topik Sifat-sifat Cahaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031184-COVER.pdf

Download (614kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031184-ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031184-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031184-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031184-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031184-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031184-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031184-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031184-LAMPIRAN.pdf

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis powtoon pada topik sifat-sifat cahaya siswa kelas IV sekolah dasar dari segi validitas dan kepraktisan. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, adapun tahapannya terdiri dari 1) analyze, 2) design, 3) development, 4) implementation, dan 5) evaluation. Subjek dalam penilaian ini adalah video pembelajaran berbasis powtoon, sedangkan objek penelitian adalah validitas dan kepraktisan video pembelajaran berbasis powtoon yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, obeservasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan mengukur validitas dan kepraktisan pada media menggunakan rating scale yang telah diuji oleh judges dan dinilai oleh 4 dosen ahli, wali kelas IV dan 15 orang siswa kelas IV. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor. Hasil dari penilaian ini memperoleh hasil bahwa rata-rata skor validitas video pembelajaran berbasis powtoon dari ahli materi pembelajaran adalah 4,6, dari ahli media pembelajaran adalah 4,6 dan dari ahli desain pembelajaran adalah 4,6 dengan kualifikasi sangat valid. Persentase kepraktisan keseluruhan subjek mendapatkan persentase 98%. Hasil nilai kepraktisan yang diperoleh melalui analisis bobot didapatkan hasil 70,8 melalui analisis nilai dari perhitungan respon siswa didapatkan nilai kepraktisan yaitu 94%. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis powtoon yang dikembangkan pada topik sifat-sifat cahaya dinyatakan valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media video pembelajaran, powtoon, sifat-sifat cahaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Komang Pradika Utama
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:26
Last Modified: 15 Jul 2022 02:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11320

Actions (login required)

View Item View Item