Pidrawan, I Gede Aries (2022) Analisis Strategi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Menulis yang Diampu oleh Guru Penggerak di Kota Denpasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029011004-COVER.pdf Download (299kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029011004-ABSTRAK.pdf Download (65kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029011004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029011004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029011004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029011004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029011004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029011004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029011004-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi, aktivitas, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis yang diampu oleh guru penggerak Bahasa Indonesia di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deksriptif kualitatif dan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru penggerak Bahasa Indonesia tingkat SD dan SMP di Kota Denpasar, terdiri atas 1 guru SD Saraswati 3 Denpasar dan satu guru SMP Negeri 3 Denpasar, serta siswa kelas VI dan VIII E pada kelas yang diampu oleh guru penggerak. Objek dalam penelitian ini adalah strategi, aktivitas, dan hasil belajar menulis siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Permasalahan yang dianalisis melalui rancangan deksriptif kualitatif, data dianalisis melalui 1) reduksi data, meliputi identifikasi, klasifikasi data, dan penafsiran data 2) penyajian data, dan 3) penarikan simpulan, sedangkan permasalahan yang dianalisis melalui deskriptif kuantitatif, data dianalisis melalui statistik deksirptif. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa 1) strategi yang digunakan oleh guru penggerak dalam pembelajaran menulis adalah strategi berdiferensiasi, 2) aktivitas dilakukan guru melalui langkah-langkah pembelajaran yang efektif dengan mengedepankan karakteristik belajar siswa, dan 3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis yang diampu oleh guru penggerak di Kota Denpasar untuk jenjang SMP tergolong sangat baik, sedangkan pada jenjang SD tergolong baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi, aktivitas, hasil, pembelajaran menulis, guru penggerak |
Subjects: | L Education > L Education (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) |
Depositing User: | I Gede Aries Pidrawan |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 01:03 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 01:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11333 |
Actions (login required)
View Item |