Wirawan, I Made Tangkas Arya (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
811031278-COVER.pdf Download (791kB) |
|
Text (ABSTRAK)
811031278-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
811031278-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (121kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
811031278-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
811031278-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
811031278-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
811031278-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
811031278-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
811031278-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kurangnya variasi media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancang bangun, menganalisis kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran powerpoint interaktif terhadap hasil belajar siswa pada muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, rating scale, dan test. Analisis data yang digunakan adalah analisis kebutuhan, analisis validitas instrumen, analisis validitas isi, analisis kepraktisan, dan analisis efektivitas. Media pembelajaran powerpoint interaktif ini memuat berbagai macam fitur pembelajaran seperti materi pembelajaran, games edukasi, video pembelajaran, soal latihan, dan rangkuman materi. Uji kelayakan mendapatkan skor sebesar 0,93 dari ahli materi dan 0,89 dari ahli media. Untuk uji kepraktisan memperoleh skor sebesar 4,0 dari respon guru dan 4,0 respon siswa. Untuk uji efektivitas mendapatkan hasil bahwa besar signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 (p<0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran powerpoint interaktif. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif efektif meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Powerpoint Interaktif, Hasil Belajar, Muatan IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Tangkas Arya Wirawan |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 07:27 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 07:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11344 |
Actions (login required)
View Item |