Swari, I Gusti Agung Ayu Melia (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI MENGENAL HURUF DAN ANGKA UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOGNITIF DAN BAHASA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KEMALA ASRI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811061050-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811061050-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811061050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (466kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811061050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811061050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (769kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811061050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811061050-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811061050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811061050-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video animasi mengenal huruf dan angka untuk menstimulasi kemampuan kognitif dan bahasa pada anak kelompok A di TK Kemala Asri. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Pengguna dan ahli ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, 3 orang anak untuk uji perorangan dan 5 orang anak untuk uji kelompok kecil pada kelompok A. Data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Rancang bangun media pembelajaran berbasis video animasi yaitu, VN, suara, gambar mengenai buah-buahan dan teks. Hasil uji kelayakan memperoleh hasil yaitu: ahli isi pembelajaran memperoleh 89,58% dengan kualifikasi baik, ahli desain pembelajaran memperoleh 90,00% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh 92,30% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh 95,83% dengan kualifikasi sangat baik dan uji coba kelompok kecil 90,00%. Jadi dapat diambil kesimpulkan bahwa produk media pembelajaran berbasis video animasi mengenal huruf dan angka ini sesuai dan layak digunakan untuk menstimulasi kemampuan kognitif dan bahasa dalam kegiatan proses pembelajaran pada anak kelompok A di TK Kemala Asri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Video Animasi, Mengenal Huruf dan Angka, Kemampuan Kognitif, Kemampuan Bahasa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | I GUSTI AGUNG AYU MELIA SWARI |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 02:58 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 02:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11345 |
Actions (login required)
View Item |