PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI MENGENAL HURUF DAN ANGKA UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOGNITIF DAN BAHASA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KEMALA ASRI

Swari, I Gusti Agung Ayu Melia (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI MENGENAL HURUF DAN ANGKA UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOGNITIF DAN BAHASA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KEMALA ASRI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811061050-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811061050-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811061050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (466kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811061050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811061050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811061050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811061050-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811061050-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811061050-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video animasi mengenal huruf dan angka untuk menstimulasi kemampuan kognitif dan bahasa pada anak kelompok A di TK Kemala Asri. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Pengguna dan ahli ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, 3 orang anak untuk uji perorangan dan 5 orang anak untuk uji kelompok kecil pada kelompok A. Data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Rancang bangun media pembelajaran berbasis video animasi yaitu, VN, suara, gambar mengenai buah-buahan dan teks. Hasil uji kelayakan memperoleh hasil yaitu: ahli isi pembelajaran memperoleh 89,58% dengan kualifikasi baik, ahli desain pembelajaran memperoleh 90,00% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh 92,30% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh 95,83% dengan kualifikasi sangat baik dan uji coba kelompok kecil 90,00%. Jadi dapat diambil kesimpulkan bahwa produk media pembelajaran berbasis video animasi mengenal huruf dan angka ini sesuai dan layak digunakan untuk menstimulasi kemampuan kognitif dan bahasa dalam kegiatan proses pembelajaran pada anak kelompok A di TK Kemala Asri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Video Animasi, Mengenal Huruf dan Angka, Kemampuan Kognitif, Kemampuan Bahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: I GUSTI AGUNG AYU MELIA SWARI
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:58
Last Modified: 15 Jul 2022 02:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11345

Actions (login required)

View Item View Item