Swari, Ni Putu Pradnya (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA MUATAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 2 SERANGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031173-COVER.pdf Download (625kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031173-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031173-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (481kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031173-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031173-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (798kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031173-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031173-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031173-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (456kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031173-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan rancang bangun media mind mapping berbasis problem based learning materi sistem pencernaan manusia pada muatan IPA (2) Menguji kelayakan media mind mapping berbasis problem based learning materi sistem pencernaan manusi pada muatan IPA menurut para ahli dan uji coba produk. Subjek penelitian yaitu: 1 ahli mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian (1) Rancang bangun media mind mapping berbasis problem based learning materi sistem pencernaan manusi pada muatan IPA menggunakan model pengembangan ADDIE.(2) Media mind mapping berbasis problem based learning materi sistem pencernaan manusi pada muatan IPA dikatakan valid dengan: (a) review ahli isi mata pelajaran menunjukkan media mind mapping sangat baik dengan persentase (90,9%), (b) review ahli desain pembelajaran media mind mapping berbasis problem based learning termasuk dalam kriteria baik dengan persentase (84,61%). (c) hasil review ahli media mind mapping berbasis problem based learning termasuk dalam kriteria baik dengan persentase (86,67%) dan (d) hasil uji perorangan media mind mapping masuk dalam kriteria baik dengan persentase (88,54%) sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Serangan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mind mapping, PBL, sistem pencernaan manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Pradnya Swari |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 07:37 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 07:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11409 |
Actions (login required)
View Item |