Kristanti, Ni Nyoman Delia (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MUATAN IPS PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DI KELAS IV SD NO.2 TIBUBENENG BADUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031199-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031199-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031199-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (475kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031199-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031199-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031199-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031199-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031199-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (461kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031199-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rancang bangun serta kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis pembelajaran kontekstual muatan IPS pada materi kenampakan alam di kelas IV SD No.2 Tibubeneng Badung. Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tahapan kerja merujuk pada teori ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan kuisioner. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa 1) Rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis pembelajaran kontekstual disajikan berupa aplikasi yang dapat diakses pada smartphone android, didalamnya terdapat gambar animasi, teks bacaan, audio, video mengenai materi yang bahas serta latihan soal. 2) hasil kelayakan media pembelajaran interaktif yang diperoleh dari ahli isi pembelajaran yaitu 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran yaitu 97,22% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran yaitu 98,07% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan yaitu 89,73% dengan kualifikasi baik, serta uji coba kelompok kecil yaitu 90,67% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan media pembelajaran interaktif, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dikelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif; Kontekstual; IPS; Kenampakan Alam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Delia Kristanti |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 07:39 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 07:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11411 |
Actions (login required)
View Item |