Pengembangan E-Book Berbasis Kontekstual pada Muatan Lokal Penulisan Aksara Bali Kelas IV SD Negeri 9 Pedungan

Maharani, Alifia (2022) Pengembangan E-Book Berbasis Kontekstual pada Muatan Lokal Penulisan Aksara Bali Kelas IV SD Negeri 9 Pedungan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031223_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031223_ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031223_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (280kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031223_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031223_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031223_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031223_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031223_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031223_LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan e-book berbasis kontekstual pada muatan lokal penulisan aksara Bali kelas IV SD Negeri 9 Pedungan, dan untuk mengetahui kelayakan pengembangan e-book berbasis kontekstual pada muatan lokal penulisan aksara Bali kelas IV SD Negeri 9 Pedungan. Penelitian ini menggunakan jenis model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Jenis data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket. Hasil penelitian ini (1) rancang bangun e-book berbasis kontekstual melalui 5 tahap pengembangan, yaitu: tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. (2) E-book berbasis kontekstual dinyatakan layak berdasarkan: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (91,7%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (90%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi baik (85%), (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi baik (88,8%). Dapat disimpulkan bahwa e-book berbasis kontektual pada muatan lokal penulisan aksara Bali kelas IV SD Negeri 9 Pedungan dinyatakan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran bahasa Bali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, e-book, kontekstual, aksara bali
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Alifia Maharani
Date Deposited: 17 Jul 2022 07:46
Last Modified: 17 Jul 2022 07:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11416

Actions (login required)

View Item View Item