Maharani, Alifia (2022) Pengembangan E-Book Berbasis Kontekstual pada Muatan Lokal Penulisan Aksara Bali Kelas IV SD Negeri 9 Pedungan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031223_COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031223_ABSTRAK.pdf Download (132kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031223_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (280kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031223_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031223_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031223_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031223_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031223_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031223_LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan e-book berbasis kontekstual pada muatan lokal penulisan aksara Bali kelas IV SD Negeri 9 Pedungan, dan untuk mengetahui kelayakan pengembangan e-book berbasis kontekstual pada muatan lokal penulisan aksara Bali kelas IV SD Negeri 9 Pedungan. Penelitian ini menggunakan jenis model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Jenis data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket. Hasil penelitian ini (1) rancang bangun e-book berbasis kontekstual melalui 5 tahap pengembangan, yaitu: tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. (2) E-book berbasis kontekstual dinyatakan layak berdasarkan: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (91,7%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (90%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi baik (85%), (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi baik (88,8%). Dapat disimpulkan bahwa e-book berbasis kontektual pada muatan lokal penulisan aksara Bali kelas IV SD Negeri 9 Pedungan dinyatakan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran bahasa Bali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, e-book, kontekstual, aksara bali |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Alifia Maharani |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 07:46 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 07:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11416 |
Actions (login required)
View Item |