PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO MODIFIKASI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SEKOLAH DASAR

Antika, I Komang Mega (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO MODIFIKASI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031190-COVER.pdf

Download (996kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031190-ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031190-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (473kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031190-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031190-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031190-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031190-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031190-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031190-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Rancang produk berupa media kartu domino yang dimodifikasi untuk siswa kelas III pada Materi Bilangan Pecahan sederhana di Sekolah Dasar. 2) Untuk memvalidasi dari media kartu domino modifikasi untuk siswa kelas III di Sekolah Dasar. 3) Untuk mengetahui kepraktisan dari media kartu domino modifikasi dengan pendekatan kontektual untuk siswa kelas III pada materi bilangan pecahan sederhana di sekolah Dasar.. Pada penelitian ini dikembangakan media kartu domino pada muatan matematika materi pecahan sederhana di sekolah dasar, yang didalamnya berisikan soal berbentuk gambar serta narasi, yang sudah teruji validitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Adapun tahapannya yaitu, analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek pada penelitian ini yaitu: 2 orang ahli materi mata pelajaran Matematika, 2 orang ahli media, 2 orang praktisi dan 12 orang respon siswa dan Objek dalam penelitian ini yaitu : media kartu domino modifiksai. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen berupa rating scale 5 dengan lembar penilaian validitas berbantuan kartu pembelajaran berbasis kartu bermain. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Data dianalisis menggunakan rumus mean untuk memperoleh rata-rata skor. Rata-rata skor dari ahli materi yaitu 4,7, ahli media 4,7, respon praktisi 95%, dan respon siswa 98% dengan kualifikasi keseluruhan “sangat baik”. Sehingga penelitian ini menghasilkan media kartu domino pada muatan matematika materi pecahan sederhana yang sudah teruji validitasnya dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, kartu domino, pecahan sederhana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Komang Mega Antika
Date Deposited: 17 Jul 2022 07:56
Last Modified: 17 Jul 2022 07:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11452

Actions (login required)

View Item View Item