THE IMPLEMENTATION OF LITERATURE-BASED INSTRUCTION AT DANA PUNIA PRIMARY SCHOOL

Dewi, I Gusti Ayu Eka Susanti (2022) THE IMPLEMENTATION OF LITERATURE-BASED INSTRUCTION AT DANA PUNIA PRIMARY SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021039-COVER.pdf

Download (877kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021039-ABSTRAK.pdf

Download (24kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021039-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021039-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021039-LAMPIRAN.pdf

Download (469kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan pembelajaran berbasis sastra dan tantangan yang dihadapi di sekolah dasar Dana Punia selama pembelajaran tatap muka terbatas karena pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi observasional. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seorang guru bahasa inggris. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara dengan menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil dari data penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat kegiatan yang dapat meningkatkan empat keterampilan dasar berbahasa inggris yaitu kegiatan membaca puisi (keterampilan membaca), menyebutkan ulang pengucapan kata dalam bahasa Inggris yang benar (keterampilan berbicara), mendengarkan koreksi dari guru terkait pengucapan yang salah (keterampilan mendengarkan), menulis puisi ke dalam buku catatan (keterampilan menulis), and memberikan tugas menulis puisi (keterampilan menulis). Sedangkan tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis sastra adalah sulitnya menemukan materi pembelajaran yang mudah dipahami siswa sekolah dasar, tantangan dalam membuat siswa tetap fokus mendengarkan cerita yang panjang, dan sulitnya menilai keterampilan berbicara dan menulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Sastra, Literasi, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Eka Susanti Dewi
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:24
Last Modified: 18 Jul 2022 01:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11484

Actions (login required)

View Item View Item