Saputra, Mohamad Irvando (2022) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI MASA PANDEMI SISWA KELAS IV DI SD NU AL FUTUHIYYAH KECAMATAN MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031101-COVER.pdf Download (582kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031101-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031101-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (157kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031101-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031101-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031101-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031101-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031101-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031101-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui faktor kesulitan belajar matematika siswa kelas IV di masa pandemi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dikelompokkan dan disajikan dengan bentuk data yang mudah dibaca kemudian dianalisis dan disimpulkan. Analisis data yang dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh data terkait kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Analisis data menggambarkan faktor penyebab kesulitan belajar matematika dengan mendeskripsikan hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data sebagai berikut, kesulitan belajar yang dialami siswa dikarenakan siswa tidak menyukai pelajaran matematika dan menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit. Motivasi belajar matematika yang rendah, siswa cenderung tidak antusias dan tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Siswa kurang percaya diri dengan kemampuanya untuk bisa memahami materi jika tidak dibantu oleh guru. Kebiasaan belajar matematika siswa rendah, kebiasaan belajar matematika dapat dibentuk oleh dirinya sendiri dan lingkungan pendukungnya. Faktor lingkungan keluarga siswa yang berpengaruh yaitu cara orang tua mendidik. Hampir seluruh orang tua sibuk dengan pekerjaanya masing-masing dan memarahi siswa ketika mendapat nilai yang rendah. Faktor lingkungan sekolah juga sangat berpengaruh yaitu cara mengajar guru, sarana dan prasarana, dan sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesulitan belajar, faktor kesulitan belajar, matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Mohamad Irvando Saputra |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 01:49 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 01:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11508 |
Actions (login required)
View Item |