Dewi, Gusti Ayu Diah Ariesta (2022) PENGEMBANGAN MEDIA “KOBER” (KOTAK BERHITUNG) BERBASIS PERMAINAN SPIN WHEEL PADA MUATAN MATEMATIKA MATERI FAKTOR DAN KELIPATAN BILANGAN KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031141-COVER.pdf Download (302kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031141-ABSTRAK.pdf Download (217kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031141-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031141-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031141-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031141-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031141-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031141-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031141-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk mengetahui prototype, hasil uji validitas, dan efektivitas media pembelajaran “Kober” (kotak berhitung) berbasis permainan spin wheel pada muatan Matematika materi faktor dan kelipatan bilangan kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan media pembelajaran ini berpedoman pada prosedur ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (Analyze), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementatiton), dan tahap evaluasi (Evaluation). Pada penelitian ini produk diuji coba oleh 2 orang ahli konten, 2 orang praktisi, 3 orang siswa sebagai kelompok kecil untuk uji validitas media, 7 orang siswa sebagai kelompok besar untuk uji validitas media, dan 30 orang siswa sebagai uji coba lapangan untuk uji validitas serta efektivitas media pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kuisoner dengan kolom rating scale skala 5. Data hasil penilaian yang diperoleh kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil validitas media sebesar 93,75% yang diberikan oleh ahli konten berada pada kualifikasi sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran “Kober” (kotak berhitung) berbasis permainan spin wheel valid. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t berpasangan (Paired Sample t-Test) diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Hasil ini menunjukan besar signifikasi lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti media pembelajaran “Kober” (kotak berhitung) berbasis permainan spin wheel efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | “Kober” (kotak berhitung), Permainan Spin Wheel, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gst. Ayu Diah Ariesta Dewi |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 03:47 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 03:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11525 |
Actions (login required)
View Item |