PENGARUH IMPLEMENTASI METODE MEMBACA BERJENJANG TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS 2 SETELAH DIKENDALIKAN OLEH KEMAMPUAN BAHASA IBU

Komang Dwi Eka Yuliati, Ni (2022) PENGARUH IMPLEMENTASI METODE MEMBACA BERJENJANG TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS 2 SETELAH DIKENDALIKAN OLEH KEMAMPUAN BAHASA IBU. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029021006-COVER.pdf

Download (294kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029021006-ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029021006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029021006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2029021006-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029021006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029021006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029021006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029021006-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ni Komang Dwi Eka Yuliati (2022), Pengaruh Implementasi Metode Membaca Berjenjang Terhadap Pemahaman Membaca Siswa Kelas 2 Setelah Dikendalikan oleh Kemampuan Bahasa Ibu. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Dr. Ni Ketut Widiartini, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. I Gede Sudirtha, S.Pd., M.Pd Kata kunci: membaca berjenjang, hasil pemahaman membaca, kemampuan bahasa ibu Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh implementasi metode membaca berjenjang terhadap pemahaman membaca siswa kelas dua setelah mengendalikan kemampuan bahasa ibu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk eksperimen semu dengan metode single factor independent group design with the use of covariate. Pengambilan data menggunakan dua buah instrument penelitian yaitu tes pemahaman dan kuesioner lembar informasi orang tua. Penelitian ini melibatkan 68 siswa kelas 2 SD di Kecamatan Denpasar Timur sebagai sampel, yang diambil dengan teknik multistage random sampling. Data dianalisis dengan analisis kovarian univariat dengan bantuan IBM SPSS Statistics 23 pada taraf signifikansi = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan hasil pemahaman membaca antara kelompok siswa kelas 2 yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode membaca berjenjang dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode membaca global. (2) terdapat perbedaan hasil pemahaman membaca antara kelompok siswa kelas 2 yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode membaca berjenjang dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode membaca global setelah kemampuan bahasa ibu dikendalikan. (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara kemampuan bahasa ibu dengan pemahaman membaca dengan kontribusi sebesar 27%. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode membaca berjenjang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswa setelah mengontrol kemampuan bahasa ibu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: membaca berjenjang, hasil pemahaman membaca, kemampuan bahasa ibu
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Ni Komang Dwi Eka Yuliati
Date Deposited: 18 Jul 2022 10:30
Last Modified: 18 Jul 2022 10:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11577

Actions (login required)

View Item View Item