EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN FRONT OFFICE SISWA KELAS XI PERHOTELAN 1 DI SMKN 1 TEJAKULA

Dewi, Ni Made Lia Indra (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN FRONT OFFICE SISWA KELAS XI PERHOTELAN 1 DI SMKN 1 TEJAKULA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015017006-COVER.pdf.pdf

Download (568kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015017006-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015017006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (425kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015017006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2015017006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015017006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015017006-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015017006-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (279kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015017006-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan di kelas XI Perhotelan I SMK Negeri 1 Tejakula, dimana hasil ketrampilan Front Office siswa masih tergolong rendah yaitu ketuntasan hasil ketrampilan hanya mencapai 52, 78% dengan rata-rata nilainya mencapai 69,64. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Tujuan penelitian ini adalah peningkatan hasil ketrampilan FO siswa kelas XI Perhotelan 1 SMKN 1 Tejakula melalui penerapan model pembelajaran CTL dengan materi Menangani Reservasi Individu. Jenis penelitiannya ialah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data memakai metode catatan lapangan dan kinerja. Jenis datanya ialah data Deskriptif kuantitatif. Pada siklus I diperoleh ketuntasan ketrampilan siswa sebanyak 26 orang siswa yang sudah tuntas (72,22%) dan 10 orang siswa (27,78%) yang belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa siklus I hasil ketrampilan siswa memperoleh rata-rata dari peserta didik sejumlah 36 orang adalah 75,25. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa hasil ketrampilan Front Office siswa dapat meningkat setelah menerapkan model pembelajaran CTL di kelas XI Perhotelan I SMKN 1 Tejakula, namun belum mencapai 80% sehingga siklus dilanjutkan. Pada siklus II diperoleh ketuntasan ketrampilan siswa sebanyak 29 orang siswa yang tuntas (80,56%) dan 7 orang siswa (19,44%) yang belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa siklus II hasil ketrampilan siswa memperoleh rata-rata dari 36 orang adalah 78,53. Hasil peningkatan ketrampilan siswa dapat dilihat dari hasil ketrampilan sebelum di ambil tindakan hanya mencapai 52,78% tuntas dengan rata-rata nilai 69,75 dan dalam siklus II ini mengalami peningkatan ketrampilan dengan hasil tuntas mencapai 80,56% dan rata-rata nilai mencapai 78,56 dari 36 peserta didik. Dengan melihat kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu mencapai ketuntasan diatas 80% maka penelitian ini hanya dilaksanakan dengan siklus I dan siklus II karena sudah mencapai peningkatan hasil ketrampilan yang sesuai dengan kriteria keberhasilan yaitu mencapai 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas model CTL, Ketrampilan FO, SMKN 1 Tejakula
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1)
Depositing User: Ni Made Lia Indra Dewi
Date Deposited: 19 Jul 2022 13:00
Last Modified: 19 Jul 2022 13:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11597

Actions (login required)

View Item View Item