Dewi, Ni Made Lia Indra (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN FRONT OFFICE SISWA KELAS XI PERHOTELAN 1 DI SMKN 1 TEJAKULA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2015017006-COVER.pdf.pdf Download (568kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2015017006-ABSTRAK.pdf.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015017006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (425kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015017006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2015017006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015017006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2015017006-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015017006-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (279kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2015017006-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan di kelas XI Perhotelan I SMK Negeri 1 Tejakula, dimana hasil ketrampilan Front Office siswa masih tergolong rendah yaitu ketuntasan hasil ketrampilan hanya mencapai 52, 78% dengan rata-rata nilainya mencapai 69,64. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Tujuan penelitian ini adalah peningkatan hasil ketrampilan FO siswa kelas XI Perhotelan 1 SMKN 1 Tejakula melalui penerapan model pembelajaran CTL dengan materi Menangani Reservasi Individu. Jenis penelitiannya ialah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data memakai metode catatan lapangan dan kinerja. Jenis datanya ialah data Deskriptif kuantitatif. Pada siklus I diperoleh ketuntasan ketrampilan siswa sebanyak 26 orang siswa yang sudah tuntas (72,22%) dan 10 orang siswa (27,78%) yang belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa siklus I hasil ketrampilan siswa memperoleh rata-rata dari peserta didik sejumlah 36 orang adalah 75,25. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa hasil ketrampilan Front Office siswa dapat meningkat setelah menerapkan model pembelajaran CTL di kelas XI Perhotelan I SMKN 1 Tejakula, namun belum mencapai 80% sehingga siklus dilanjutkan. Pada siklus II diperoleh ketuntasan ketrampilan siswa sebanyak 29 orang siswa yang tuntas (80,56%) dan 7 orang siswa (19,44%) yang belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa siklus II hasil ketrampilan siswa memperoleh rata-rata dari 36 orang adalah 78,53. Hasil peningkatan ketrampilan siswa dapat dilihat dari hasil ketrampilan sebelum di ambil tindakan hanya mencapai 52,78% tuntas dengan rata-rata nilai 69,75 dan dalam siklus II ini mengalami peningkatan ketrampilan dengan hasil tuntas mencapai 80,56% dan rata-rata nilai mencapai 78,56 dari 36 peserta didik. Dengan melihat kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu mencapai ketuntasan diatas 80% maka penelitian ini hanya dilaksanakan dengan siklus I dan siklus II karena sudah mencapai peningkatan hasil ketrampilan yang sesuai dengan kriteria keberhasilan yaitu mencapai 80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas model CTL, Ketrampilan FO, SMKN 1 Tejakula |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) |
Depositing User: | Ni Made Lia Indra Dewi |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 13:00 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 13:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11597 |
Actions (login required)
View Item |