Widadari, Putu Windy (2022) PENGEMBANGAN DIGITAL CHOICE BOARD PADA TOPIK CERITA FIKSI BERBASIS LITERASI BACA TULIS UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031120-COVER.pdf Download (889kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031120-ABSTRAK.pdf Download (553kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031120-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (688kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031120-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (831kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031120-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (858kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031120-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (978kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031120-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031120-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (521kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031120-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media digital choice board yang valid, memiliki respon baik, dan efektif pada topik cerita fiksi berbasis literasi baca tulis untuk kelas IV. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahap diantaranya: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Subjek penelitian ini adalah para ahli, siswa dan guru kelas IV SD Negeri 26 Pemecutan, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas, uji respon, serta efektivitas digital choice board pada topik cerita fiksi berbasis literasi baca tulis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas digital choice board oleh ahli media sebesar 94% yang tergolong sangat baik dan ahli materi sebesar 97,5% yang tergolong sangat baik. Untuk uji respon guru digital choice board memperoleh sebesar 95,6% dan respon siswa sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik. Efektivitas penggunaan digital choice board diperoleh melalui perhitungan uji-t tidak berkorelasi dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 <0,05. Hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi baca tulis siswa yang belajar tanpa media pembelajaran dengan siswa yang belajar menggunakan digital choice board.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Digital Choice Board, Literasi Baca Tulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Windy Widadari |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 02:39 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 02:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11654 |
Actions (login required)
View Item |