MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA BASKET PADA PESERTA DIDIK KELAS VII F SMP NEGERI 1 ABIANSEMALAHUN PELAJARAN 2021/2022

Riskayani, Ni Luh (2022) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA BASKET PADA PESERTA DIDIK KELAS VII F SMP NEGERI 1 ABIANSEMALAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1616011063-COVER.pdf

Download (384kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1616011063-ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1616011063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (100kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1616011063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1616011063-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1616011063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1616011063-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1616011063-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1616011063-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar bola basket melalui penerapan model pembelajaran PBL pada peserta didik kelas VII F SMP Negeri 1 Abiansemal tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan guru sebagai peneliti. Dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subyek penelitan adalah peserta didik kelas VII F SMP Negeri 1 Abiansemal berjumlah 37 terdiri dari 16 putra dan 21 putri. Data dianalisis menggunakan statistik diskriptif. Berdasarkan hasil analisis data untuk aktivitas belajar passing bola basket pada observasi awal 5,42 (cukup aktif), dan pada siklus I meningkat menjadi 6,14 (cukup aktif) dan 8,5 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase hasil belajar passing bola basket dari observasi awal sebesar 62,84% (kurang baik), pada siklus I 77,23% (cukup baik) dan 86,76% (baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola basket meningkat melalui penerapan model pembelajaran PBL pada peserta didik pada kelas VII F SMP Negeri 1 Abiansemal tahun pelajaran 2021/2022. Disarankan pada guru PJOK SMP Negeri 1 Abiansemal untuk menerapkan model pembelajaran PBL karena dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar passing bola basket.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran PBL, aktivitas, hasil belajar, bola basket
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: NI LUH RISKAYANI
Date Deposited: 20 Jul 2022 00:51
Last Modified: 20 Jul 2022 00:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11667

Actions (login required)

View Item View Item