Utami, Ni Komang Nanda Mega (2022) ANALISIS PERAN PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SAMBANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031060-COVER.pdf Download (504kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031060-ABSTRAK.pdf Download (80kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031060-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (74kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031060-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031060-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031060-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031060-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031060-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031060-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan peran pendampingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas 2 pada masa pandemi Covid-19; 2) mendeskripsikan peran pendampingan orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas 2 pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menerapkan metode studi fenomenologi dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yakni orang tua siswa, wali kelas 2, dan siswa kelas 2. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini, yaitu data peran pendampingan orang tua, motivasi belajar dan kedisiplinan belajar. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman dan diuji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa peran pendampingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di masa pandemi Covid-19 adalah orang tua memberikan pendampingan dan dukungan kepada anak dalam kegiatan belajar daring sehingga anak memiliki keinginan dalam belajar. Dukungan yang diberikan orang tua kepada anak dapat berupa motivasi secara verbal (ungkapan) dan dengan memberikan reward yang mampu mendorong keinginan anak untuk belajar, serta dengan menyediakan fasilitas belajar yang memadai. Tugas pendampingan orang tua murid dalam kedisiplinan belajar siswa di masa pandemi Covid-19 adalah menerapkan aturan/konsentrasi pada pembelajaran di rumah. Melalui pendampingan dan pengawasan dari orang tua, anak mau menaati aturan belajar di rumah, anak menyelesaikan tugas dengan taat dan mandiri, anak disiplin dan mengumpulkan tugas tepat waktu, serta memiliki rasa bertanggung jawab terhadap segala pekerjaannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran pendampingan orang tua, Pembelajaran daring, Motivasi belajar, Kedisiplinan belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Nanda Mega Utami |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 01:14 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 01:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11691 |
Actions (login required)
View Item |